Jakarta, Beritajelas – BPJS Kesehatan kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Most Trusted Financial Brands Awards 2025 dalam kategori Lembaga Keuangan Pemerintah. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja BPJS Kesehatan yang selama 11 tahun ini telah mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara transparan dan akuntabel, serta memastikan akses layanan kesehatan yang optimal bagi seluruh peserta JKN.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, juga dianugerahi CEO Digital Award. Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilannya dalam memimpin BPJS Kesehatan menuju transformasi digital yang signifikan, menjadikan lembaga ini sebagai pionir dalam pelayanan publik berbasis digital dengan hasil yang memuaskan.
Transformasi Digital BPJS Kesehatan
Penghargaan ini juga mencerminkan upaya BPJS Kesehatan dalam melakukan transformasi digital melalui berbagai inovasi yang dikembangkan dalam Program JKN. Ghufron Mukti, dalam wawancaranya, mengungkapkan rasa terima kasih dan kebanggaannya atas prestasi ini.
“Penghargaan ini merupakan pengakuan terhadap komitmen kami dalam pengelolaan Program JKN secara transparan serta mengoptimalkan layanan digital bagi peserta JKN. Kami akan terus berinovasi untuk mempermudah pelayanan dan meningkatkan kualitas Program JKN,” ujar Ghufron dalam keterangan tertulis, Kamis (20/3/2025).
Komitmen Terhadap Keberlanjutan Program JKN
Ghufron juga menambahkan bahwa prestasi ini tak lepas dari kerja keras seluruh Duta BPJS Kesehatan yang senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN. BPJS Kesehatan terus berusaha menjaga keberlanjutan finansial dan berfokus pada kepuasan peserta.
“Sebagai penyelenggara Program JKN, kami memiliki amanat untuk mengelola Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan, yang digunakan untuk membiayai layanan kesehatan peserta. Dana amanat ini harus dikelola dengan penuh tanggung jawab dan komitmen tinggi dari seluruh jajaran BPJS Kesehatan,” jelasnya.
Pengelolaan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel
Dalam lebih dari satu dekade, BPJS Kesehatan berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Wajar Tanpa Modifikasian (WTM) untuk laporan keuangannya selama 11 kali berturut-turut. Ini menunjukkan konsistensi BPJS Kesehatan dalam menerapkan tata kelola yang baik serta prinsip kehati-hatian dan akuntabilitas dalam mengelola dana publik.
Digitalisasi untuk Masa Depan JKN
Ghufron juga menegaskan bahwa digitalisasi dalam Program JKN merupakan salah satu bentuk orientasi terhadap peserta atau customer focus yang diharapkan dapat mempermudah layanan bagi peserta serta seluruh pihak terkait dalam ekosistem digital JKN.
“Digitalisasi akan memberi dampak positif terhadap keberlangsungan BPJS Kesehatan dan Program JKN, baik untuk saat ini maupun di masa depan. Ini merupakan investasi yang kami harapkan dapat memenuhi kebutuhan peserta seiring dengan perkembangan zaman,” pungkasnya.