BERITAJELAS

Live Berita Jelas Paling Update Setiap Hari Di Indonesia

Survei NEXT sebut 90 persen penumpang puas layanan mudik KAI

Jakarta – Beritajelas – Survei yang dilakukan oleh NEXT, unit bisnis Perum LKBN ANTARA, mengungkapkan bahwa hampir 90 persen penumpang merasa puas dengan pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI selama arus mudik Lebaran 2025.

Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis, dan Teknologi Informasi (TI) Perum LKBN Beritajelas, Jaka Sugiyanta, mengatakan bahwa antara 21 hingga 31 Maret 2025, KAI telah melayani 2.015.447 pelanggan, yang menunjukkan bahwa KAI tetap menjadi salah satu moda transportasi pilihan utama bagi pemudik.

“Dari tahun ke tahun, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api terus meningkat. Survei ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi yang berguna bagi pihak KAI maupun publik sebagai pengguna kereta api,” ujar Jaka dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Hasil Survei: Kepuasan Penumpang terhadap Pelayanan KAI

Survei yang dirilis oleh NEXT pada Jumat (4/4/2025) ini mengulas beberapa kategori, termasuk layanan dan fasilitas di stasiun, layanan dan fasilitas di kereta, pembelian tiket, serta dampak sosial penggunaan kereta api.

Hasil survei menunjukkan bahwa hampir 90 persen responden merasa puas dengan pelayanan serta kesiapan sarana dan prasarana KAI selama arus mudik Lebaran 2025. Lebih dari 80 persen penumpang menilai kebersihan di stasiun sangat baik, dan lebih dari 80 persen lainnya mengungkapkan bahwa petugas operasional di stasiun sangat tanggap.

Jaka menambahkan, meskipun banyak penumpang yang masih menggunakan boarding manual, sebagian besar responden juga telah memanfaatkan teknologi boarding dengan face recognition. Ini menunjukkan bahwa teknologi digital mulai diterima meskipun belum digunakan secara masif.

Kenyamanan dan Fasilitas di Dalam Kereta

Di kategori fasilitas dalam kereta, lebih dari 80 persen penumpang mengapresiasi kenyamanan kursi yang disesuaikan dengan kelas yang dipilih. Selain itu, lebih dari 80 persen responden juga menilai petugas di dalam kereta sangat tanggap dan papan petunjuk di dalam kereta jelas.

“Ini menunjukkan bahwa komunikasi dan informasi publik telah terpenuhi dengan baik selama masa arus mudik Lebaran 2025,” kata Jaka.

Dominasi Pembelian Tiket Secara Online

Survei juga mencatat bahwa pembelian tiket melalui platform online tetap mendominasi. Lebih dari 80 persen responden menggunakan aplikasi seperti KAI Access, Traveloka, dan Tiket.com untuk membeli tiket kereta api.

Dampak Sosial Penggunaan Kereta Api

Dalam survei kali ini, NEXT juga menilai dampak sosial penggunaan kereta api selama arus mudik. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir 90 persen responden sepakat bahwa naik kereta api dapat menghemat waktu perjalanan. Selain itu, sekitar 70 persen responden juga merasa bahwa kereta api memberi kesempatan untuk berinteraksi dengan penumpang lainnya.

Metodologi Survei

Survei ini dilaksanakan pada 29 Maret hingga 1 April 2024 di 10 stasiun yang tersebar di lima kota besar, yaitu Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Yogyakarta (Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan), Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol), dan Surabaya (Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng).